Lembang, I'm in Love ! (Part #1)

Gue sebenernya bukan anak motor, apalagi motor gede (sebut saja Moge) yang biasa touring, konvoi trus arak2an di jalanan trus bikin heboh. Tapi gue suka travelling pake motor rame-rame... eh bukan rame-rame sih, bareng-bareng maksudnya, sama temen-temen. Biasanya sih temen-temen kerja, kalo sama temen kuliah mah ga mungkin, beda aliran soalnya hahaha. Paling sering sih ke Bogor. Dan pastinya banyak hal-hal kocak kalo jalan-jalan naek motor rame-rame. Tapi kali ini gue mau critain awal-awal gue travelling pake motor. Tapi bukan rame-rame, cuma berdua! Hah? Berdua? Romantis kan ? Sama siapa coba ? Let’s gohhh!!!

Gue punya banyak temen di tempat kerja. Satu orang yg paling akrab sama gue, namanya teh si Andy. Budak Cianjur. Dan kayaknya ga perlu gue critain panjang lebar tentang bocah cungkring tinggi gingsul yang ngaku-ngaku manis itu (bwihhh!!) Hahaaha. Jadi dulu sekitar tahun 2012 gue jadi sering hangout bareng sama tuh anak. Kadang ramean juga, tapi gak jarang juga cuma berdua, meski cuma iseng cari makan bareng. Saking seringnya bareng sampe banyak yg ngatain kita pasangan g*y! Damn!!! Suweeeeeee!!! We’re just close friend guys!! Catet tuh!! *api bekobar-kobar di belakang gue*.

Jadi suatu siang jam istirahat di kantin pabrik, gue sama Andy kebetulan lagi makan bareng. Pas ngobrol, gue punya ide buat nyoba eksplore Bandung. Di otak gue udah kebayang observatorium Bosscha, itu loh tempat teropong bintang yg katanya tempat syuting Petualangan Syahrini *eh* Sherina dink! Otak setan gue muncul buat ngebujuk Andy. Gue bilang aja kalo ke Bandung naek bus pasti keluar ongkos banyak. Mending naek motor! Haahaha, and finally dia mau. Dengan segala pertimbangan, sampe-sampe dia ngorbanin malem minggunya sama cewe nya waktu itu, kita sepakat buat berangkat hari Sabtu, 21 Januari 2012.

------

21 Januari 2012

Malem minggu pun tiba. Planning awal kita berangkat ke Bandung jam 8 malem dari Tangerang. Finally kita siap jam segitu, meski akhirnya jam 9 malem baru jalan. Bayangin coy, malem minggu otewe Bandung, mending sama cwe , lah ini sama batangan. Ahahaha! Eitsss... seorang eksplorer gak boleh mikir gitu. Travelling kan bebas ma siapa aja. Okehh...ayo Ndy, kita let’s goooo! Sebenernya itu pertama kalinya gue ke Bandung naek motor dan dengan sok-sok’an tau jalan, gue bismillah aja semoga lancar dan gak nyasar. Yang penting mah bisa baca petunjuk arah di jalanan aja. Modal itu doank, kalo kesulitan ya pakai GPS (Gunakan Penduduk Setempat) alias nanya-nanya. Tapi alhamdulillah waktu itu, Tangerang-Bogor-Puncak-Cianjur pun terlewati. Maklum, si Andy kan orang Cianjur, jadi udah hafal jalanannya. Nah...yang ini nih, dari Cianjur ke Bandungnya yang dia buta sama sekali. Gue juga sih. Cuma sebelumnya liat jalurnya di peta, kita harus lewat Ciranjang- Cipatat- Padalarang baru masuk Cimahi & Bandung. Pokonya cuma modal petunjuk arah aja sama insting. Heehehehe.

Buat kalian yang mau ke Bandung pake motor, sebenernya jalurnya ga susah-susah amat sih.  Dari Cianjur lurus aja arah timur ke Padalarang. Nanti di daerah Ciranjang (masih kabupaten Cianjur) kalian bakal nglewatin jalur lurus yang pastinya bikin bete. Bisa ngebut kalo lagi sepi. Tapi tetep hati-hati ya, brooohh, di pinggir jalan banyak tukang tambal ban. Tapi tukang jualan nyawa kagak ada. Nah, hati-hati juga kalo udah masuk kawasan Cipatat-Padalarang. Kalo kalian nanti nemu jalur yang belok-belok dan banyak tanjakan/ turunan, itu artinya harus ekstra hati-hati. Di situ banyak truk-truk proyek yang suka lewat bawa material berat. Kadang batu juga sih kayanya, secara Padalarang kan banyak tambang batunya. Kalo mau nyalip harus bener-bener di perhitungkan. Ngeri soalnya, dari arah berlawan juga banyak kendaraan besar yg berlalu lalang. Waktu itu gue lewat sana sekitar jam 2 malem. Kayanya sih kalo malem kebanyakan yang lewat tru-truk besar tadi. Intinya hati-hati aja kalo lewat sana, sepi juga, apalagi kalo musim hujan, licin bro!

Ok... akhirnya udah masuk daerah Cimahi. Gue sok-sok tau aja waktu itu. Gue liat di papan-papan bangunan ruko-ruko pinggir jalan, dan gue baca “Kota Cimahi”. Tau sendiri kan artinya apa? Gue waktu itu inget, kalo udah masuk Cimahi, bentar lagi pasti masuk Bandung. Selama masuk Cimahi, kepala gue nengok ke kiri terus nyari jalan masuk arah Lembang. Karena tujuan awal kita waktu itu mau ke observatorium Bosscha, Lembang. Akhirnya nemu juga jalannya! Dan gue dengan sigap nyuruh supir gue (hahaha) buat belok kiri, menuju arah Utara, ke Lembang. Maklum, Andy ini kalo lagi nyetir trus disuruh belok suka keder (keder=bingung). Pernah disuruh belok kanan malah ke kiri. Aneh! Dan..... kita let’s go lagi!!!! Kita udah yakin banget waktu itu jalannya bener. Semakin jauh nglewatin jalur arah ke utara tadi (ke Lembang) hawa semakin dingin! Buat elo-elo yg suka jalan malem pake motor, jangan lupa pake jaket deh brohh!
Ceritanya kita masih otw Lembang. Kalo ga salah setelah gue lihat di peta, yg gue lewatin Jl. Kolonel Masturi kalo gak salah sih. Dan angin malam semakin menggerayangi kita dalam perjalanan. Suasana pun mendadak horor waktu gue sama Andy mencium bau menyan, bau dupa (sejenisnya lah..). Waktu itu jalanan mulai nanjak terus dan terus meskipun landai.
“Wey, lu bau menyan gak?”, tanya gue
“Iya, ni di mana sih?” sahut Andy sambil sesekali nengok ke samping biar gw denger apa yg dia omongin (maklum kepala kalo udah ketutup helm rapat suka budeg semua hahaha).

Setelah gue tengok kanan kiri ternyata kita melintas di depan sebuah pekuburan Cina. Jujur gue paling gak suka lewat tempat kaya gitu! Auranya ga enak aja. Yg gue tau waktu itu sebelah kiri jalan yg kita lewatin ada kompleks pekuburan Cina yg jelas dan terpampang nyatahh pemirsah... ulalahhh (apaan si?). Mungkin efek kebanyakan nonton film horor, kalo lewat tempat kaya gitu ngeri diikutin vampir hahaha! Lantas gue bilang ke Andy: “Agak kencengan dikit bisa gak?” Tanpa ngejawab, si Andy pun menambah kecepatan motor, dan.... fyuhhhh! Lega, udah mulai masuk perumahan-perumahan warga lagi, meskipun sepi banget. Maklum jam segitu kan jam-jam orang enak-enaknya kelon!

Kita jalan terus sampe arah Bosscha, jalan yang kite lewain waktu itu udah bener. Tapi namanya first time, pasti ada bumbu-bumbu nyasarnya. Dan beneran! Kita kebablasan sampe daerah kampus UPI Bandung di Jl. Setiabudi. Hahaha. Pantesan dari tadi ga nemu-nemu tulisan Observatorium Bosscha. Ga tau mungkin karena malem dan gak keliatan tulisan Observatorium Bosscha yg ada di pingir jalan. Waktu udah nunjukin jam 3 dini hari! Dingin pun semakin menjadi-jadi! Sumpah itu dingin bengeeeeeeet! Posisi masih merayap di Jalan Setiabudi. Andy bener-bener gak kuat kayanya. Saat itu gue baru inget dia tuh orangnya gampang ngantuk! Dan bener, di sebuah belokan, yg harusnya kita belok kiri, dia lurus!! Spontan gue teriak dan nyuruh belok kiri. Dengan cekatan dia banting setir ke kiri. Huuuuhhhff! Untung jalanan sepi. Kalo gak udah setor nyawa kali waktu itu.. Hooohh. Thnks God!

Akhirnya kita putusin untuk puter balik karena kita yakin kelewatan waktu itu. Jalan lagi menuju dinginnya Lembang dari arah Setiabudi. Kalo dari Setiabudi ke arah Lembang emang naik jalanannya. Saking dinginnya malam itu, Andy sampe bener-bener kaya orang hipotermia. Sampe gue bilang, “dikit lagi,, dkit lagi nyampe, kita cari tempat berhenti dulu” Jujur gue kasihan banget waktu itu sama tu bocah somplak (haha maap nya). Dia emang ga tahan hawa dingin. Niatnya mau nyari tempat berhenti buat break bentar karena kondisi partner gue udah kaya gitu. Tapi Andy malah bilang “udah terusin aja!” Yaudah akhinrnya jalan terus dan sempat berhenti nanya ke bapak-bapak gitu di sebuah warung pinggir jalan buat nanya arah masuk ke observatorium. Dan alhamdulillah juga bapak-bapak tadi kakinya napak! (Efek film horor lagi). Setelah tau, akhirnya..... alhamdulillah! Sebuah papan bertuliskan OBSERVATORIUM BOSSCHA terpampang nyata di depan portal pintu masuk. Kurang lebih waktu itu jam setengah 4 pagi. Kita pun berhenti di sebuah pos ojek samping pintu masuk, di mana sebelahnya juga ada warung kecil. Kita putusin buat istirahat bentar sambil nunggu subuh di pos ojek tadi. Dalam hati gue bersyukur banget akhirnya bisa nemu tempat istirahat. Gue suruh Andy buat tidur pos ojek yg desainnya mirip pos ronda tadi. Gue ngalah, gue mending rebahan aja sambil dengerin musik di hp gue sambil nungguin Andy & motor. Tapi ujung-ujungnya malah ikut tidur juga!

Lalu, apa yg terjadi setelah kita bangun pagi harinya?


To be continued ...



Pintu masuk observatorium Bosscha. Awas portal brooo!!
FYI: Observatorium Bosscha tutup di hari Minggu dan Senin. Tapi kalo mau masuk ke pelatarannya buat foto-foto sih masih bisa kok
Ini tata tertib kunjungan ke Bosscha. Kunjungan buat yang pengen masuk ke dalam observatorium




POPULAR POST