Ngabuburit di Taman Potret, Tangerang


Tampak depan Taman Potret
Kurang lebih 7 tahun gue tinggal di kota seribu industri ini. Yapp, Tangerang! Pastinya udah banyak banget perubahan tata kota yg berada di barat Jakarta ini. Mulai dari pembangunan pusat-pusat perbelanjaan, jalan raya, real estate, sampai taman kota. Basicly kota Tangerang adalah kota yg panas bro, karena penuh dengan area industri. Tapi jangan khawatir, Kota Tangerang punya banyak ruang terbuka hijau (RTH) yg bisa dimanfaatkan buat melepaskan penat dan menikmati udara segar. Gak kalah sama kota Bandung, semua tau Tangerang punya Taman Kota 1 dan 2 yg ada di kawasan BSD. Selain itu juga ada Taman Sungai Cisadane yg letaknya ada di bantaran sungai Cisadane yg sekarang sering dimanfaatkan utk event-event salah satunya adalah festival Cisadane. Taman-taman yg ada di Tangerang, pada umunya bisa dipakai untuk melepaskan penat, bermain, dan yg pasti foto-foto.



Di awal ramadhan tahun 2015 ini, gue sempatin ‘ngabuburit’ ke sebuah taman baru di Tangerang dan lokasinya gak jauh dati tempat gue. Tau mall Tangcity kan? Nah.. sekarang, di samping mall terkenal di Tangerang ini ada satu taman baru yg gak kalah cantik daripada taman yg lain di Tangerang, yakni Taman Potret. Meski pengerjaannya belum 100% rampung, tapi overall sudah bisa dinikmati oleh warga sekitar. Taman Potret ini awalnya akan dinamai Taman Selfie, tapi gak tahu kenapa saat hampir selesai dibangun, taman ini mulai terpajang dengan nama Taman Potret yg ditandai dengan tulisan warna orange di depan taman. Ditambah berdirinya sebuah patung seorang penari wanita (kayaknya sih penari jaipong) berwarna merah yg juga terpampang nyata dengan ‘geolannya’ seakan menyapa siapapun yg datang kesini. Di tengah-tengah area taman pun terdapat sebuah replika perahu layar yg unik, dan biasa dinaikin sama bocah-bocah yg main kesini. Gue Cuma foto-foto aja tuh perahu, kalo gue naikin takut retak hahaha.









Tempat bermain yg masih dalam proses pengerjaan
Pertama gue dateng ke Taman Potret, situasi sore itu masih agak sepi dan belum banyak pengunjung. Taman ini berada di sisi Jalan Perintis Kemerdekaan. Awal gue dateng kesini sempat bingung parkir motor di mana, karena mungkin emang belum atau tidak disediakan area parkir khusus untuk pengunjung. Akhirnya mau gak mau gue parkir di parking area Mall Tangcity dan jalan kaki menuju Taman Potret yg ada di samping barat mall. Sebenernya Taman Potret ini gak begitu luas, tapi lumayan lah buat nongkrong-nongkrong atau buat foto-foto. Pohon-pohon rindang, area pedestrian, bunga-bunga dan tempat duduk sudah siap. Namun ada satu area tempat bermain anak, yakni perosotan masih terlihat belum selesai dibangun. 






Tapi banyak juga anak kecil yg sudah asik perosotan. Ada beberapa spot yg bagus dan cocok buat foto-foto di antaranya adalah spot huruf “I LOVE TNG” (TNG= Tangerang), dan spot huruf LOVE yg unik terpajang di area taman baru ini. Semakin sore, pengunjung mulai berdatangan kesini. Ada yg datang bersama keluarga, teman-teman, bahkan dengan pacar (jlebbb). Mereka terlihat asik duduk-duduk, foto-foto dibeberapa spot favorit mereka, jalan-jalan mengantar anak, dan masih banyak lagi. Ternyata semakin sore semakin banyak yg datang, sepertinya seperti itu cara mereka ngabuburit menunggu waktu buka puasa tiba. Jadi bagi loe semua yg tinggal di sekitar Kota Tangerang dan pengen jalan-jalan, terutama buat ngabuburit di saat bulan puasa kaya gini, cocok nih maen ke Taman Potret. Karena letaknya di samping pusat perbelanjaan, jangan khawatir juga buat nyari menu buka puasa karena di mall Tangcity juga banyak foodcourt. Semoga dalam waktu dekat, Taman Potret bisa segera rampuung 100% dan diresmikan sehingga bisa benar-benar dimanfaatkan oleh warga Tangerang dan sekitarnya sebagai ruang terbuka hijau, bermain, berkumpul, belajar maupun fotografi. Jadi kalo dateng kesini jangan lupa siapkan kamera ya... Dan jangan lupa tetap jaga kebersihan, karena nyampah sembarangan tuh gak asik bro! Hahaha..

Selamat berpuasa!

Timelapse video taman potret night view: click here

Update info:

[27 Jan 2016] Thank's banget buat yg udah mampir ke blog gue, terutama yang udah baca artikel tentang Taman Potret ini. Artikel ini jadi most viewed sejak gue post Juni 2015 lalu. Dan sekarang Taman Potret bisa dibilang jadi salah satu kebanggaan masyarakat Tangerang dan sekitarnya yg hobi fotografi, jalan-jalan, atau sekedar kumpul-kumpul di sana. Taman ini udah diresmikan tanggal 11 Agustus 2015 lalu oleh Walikota Tangerang, Arief Wismansyah, sekiar 2 bulan setelah gue post artikel ini. Buat temen-temen yang maen kesini, tetap jaga kebersihan taman ya, apalagi udah banyak disediakan tempat sampah di sini. Senang bisa share info sama kalian guys! Thank you :) 


Jangan lupa tonton videonya ya, like and subscribe!

Tempat duduk

Sore yang indah


Lucu yaa...






POPULAR POST