Wisata Alam Gunung Pancar


Sebenernya destinasi  wisata ini udah lama masuk travel list gue sejak tahun lalu. Tapi apa daya baru terealisasi sekarang hehehe. Yap!  Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Pancar , tak jauh dari kawasan elit Sentul,tepatnya di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gak begitu susah buat kesini karena arahnya sama dengan waktu gue ngetrip ke Leuwi Hejo. Perjalanan dari Jakarta by motorcycle dulu sekitar 2,5 jam. Tapi kali ini gue berangkat dari Kota Bogor, jadi cuma butuh waktu 1 jam buat sampe di lokasi wisata yg familiar dengan hutan pinusnya yang keren ini. 







Tiket masuk TWA Gunung Pancar ... mmm.. kemarin gue 2 orang naik motor kena 20rb. Setelah gue nanya 20 rb itu: Rp 7500 buat tiket per orang dan motor Rp 5000. Jadi total  Rp 20.000,-. 

Back to the topic! Wisata Gunung Pancar ini cocok banget buat yg hobi fotografi. Dengan latar view hutan pinus,loe bisa puas foto-foto dengan pemandangan ala-ala film Twillight hehehe. Selain itu lokasi ini juga dipakai mereka-mereka yg demen gowes dan tersedia track-track utk downhill. Selain itu yg hits di gunung pancar adalah "glamping" atau glamour camping! Jadi kita bisa berasa lebih deket sama alam dengan ngecamp dan bermalam disini, tentunya dengan fasilitas yg udah disediakan dan cost yg telah ditentukan oleh pihak pengelola. Boleh juga tuh dicoba! Lokasi wisata alam Gunung Pancar juga cocok buat kegiatan gathering atau outbound. Selengkapnya bisa cek di www.gunungpancar.com. Pohon pinus di sini tumbuh tinggi banget dan rapat. Bercengkerama dengan keluarga, kerabat maupun kekasih (bagi yg punya) di sela-sela pohon pinus akan menjadi keceriaan tersendiri utk mengisi waktu liburan dan menjauh dari hingar bingar perkotaan. 







Mungkin kebanyakan orang tau Gunung Pancar sebagai tempat foto-foto dengan latar hutan pinus. Tapi sebenernya Gunung Pancar ini emang sebuah gunung yg tidak begitu tinggi yg bisa dilihat dari kawasan Sentul. Konon, di puncak Gunung Pancar ada beberapa makam. Buat yg hiking dan sampe puncak bisa menemukan makam ini. Sepertinya jarang yg naik ke Gunung Pancar karena mostly lebih memilih menghabiskan waktu di hutan pinus.


Penampakan Gunung Pancar

















Lokasi Gunung Pancar ini memang berada di kawasan pegunungan yg tidak begitu tinggi. tapi udara di sini lumayan bisa buat #FlirtingWithNature deh! Haha.. Buat membersihkan paru-paru yg udah 'puas' nampung udara kotor di perkotaan. Apalagi kalo pas angin sepoi-sepoi lewat. Uuuuhhhh... rilekssssss!!

Kawasan hutan pinus disini dibelah olah jalanan beraspal yg nantinya bisa tembus ke arah wisata air panas. Di kawasan air panas, kita bisa mencoba berendam di air hangat yg sudah disediakan dan panasnya pun murni, bukan berasal dari air rebusan wkwkwkw. Tapi sayangnya waktu itu gue gak melipir kesana, keasyikkan 'bercumbu' dengan indahnya suasana hutan pinus. Hehehehe.


Dan satu hal lagi yg pengen gue ingetin ke semua good travelers, tetap jaga kebersihan lingkungan sekitar, terutama pas maen ke wisata alam Gunung Pancar ini. Karena masih ada aja yg nyampah sembarangan. Kalau gak ada tempat sampah, simpan dulu sampah mu dan buang nanti pada tempatnya. 


Salam lestari!

How to get there: 

Dari exit toll Sentul atau Jalan Alternatif Sentul, ambil arah menuju Jungle Land Sentul. Dari depan Jungle Land ambil jalanan desa menuju Babakan Madang, melewati perkampungan warga. Ikuti jalan, nanti bakal nemu persimpangan jalan, ke kiri ke arah wisata Leuwi Hejo, Curug Barong. Ke kanan ke arah wisata alam gunung pancar dan air panas. Udah ada petunjuknya sekarang. 


Photo by Andre Pangestu and Me.










POPULAR POST