Camping Seru di Ranca Upas Ciwidey

Bandung adalah salah satu tempat pelarian buat gue. Lebih tepatnya saat gue butuh refreshing dari segala kagalauan dan kepenatan rutinitas sehari-hari. Pada cerita kali ini, gue bakal sharing tentang camping ceria gue di kawasan camping ground Rancaupas, atau yg biasa disebut Rancaupas Smart Camp Adventure yang masih berada di wilayah Ciwidey, Kabupaten Bandung.





Gak jauh dari pintu masuk wisata Kawah Putih, sekitar 200 meter kemudian gerbang masuk Rancaupas Smart Camp Adventure udah kelihatan di kanan jalan, lebih tepatnya berada pada sebuah tikungan jalan. Kawasan camping ground ini disebut juga dengan nama Wisata Alam Kampung Cai Rancaupas. Jalur  menuju Ranca Upas mudah banget karena searah dengan jalur menuju kawah putih dan Situ Patenggang. Kalau kalian tau gerbang kawah putih, pasti gak bakal kesulitan buat menuju bumi perkemahan Ranca Upas ini. Setelah sampai di depan gerbang yang bertuliskan Wisata Alam Kampung Cai Rancaupas, kita masih lanjut perjalanan menuju gerbang loket sekitar 500 meter. Tiket masuk kawasan ini adalah Rp 10.000,- per orang. Untuk mobil dikenakan biaya Rp 5000,- dan motor Rp 2000,-. Waktu gue kesana, kebetulan gue gak bawa kendaraan pribadi, alias bacpackeran, so gak kena biaya masuk kendaraan.  Dan sore itu sekitar jam 5, gue dan temen gue udah sampe di area camping yang udah penuh dengan tenda-tenda mungil karena bertepatan dengan weekend, pasti rame bro!

kurang lebih 500 m menuju gerbang loket Kampung Cai Ranca Upas



Are you ready?


Memiliki luas area sekitar 215 ha, Ranca Upas Smart Camp Adventure ini dikelilingi gunung-gunung kecil di sebelah utara dan barat, dan sebelah timurnya area konservasi pepohonan yang menjulang tinggi. Berada di ketinggian sekitar 1700 mdpl bikin kita yang camping di sini ngerasa betah dengan udaranya yang sejuk dan bikin gak mau pulang, hehehe. Ada banyak spot buat mendirikan tenda di bumi perkemahan Ranca Upas ini. Dan disini kita bisa memilih tempat mendirikan tenda di manapun kita mau. Buat kalian yang pengen camping di area ini tapi gak punya peralatan camping, don’t worry guys. Soalnya di sini juga menyewakan peralatan camping mulai dari tenda dengan berbagai ukuran, matras, sleeping bag, dan lain-lain. Saat gue kesini, kebanyakan mereka yang camping adalah mereka-mereka yang datang bersama keluarga, atau gathering. Kebanyakan mereka mengambil area camping yang dekat dengan pintu masuk atau area parkir, salah satu yang jadi spot favorit adalah di tepi sebuah danau buatan gak jauh dari gerbang masuk. Lumayan rame guys, jadi gue saat itu putuskan buat milih tempat yang agak sepi dan jauh dari tenda-tenda mereka yang mostly udah berkeluarga. Ngeri baper !! Hahahah... ! Dan lokasi yang gue pilih kali ini sengaja gue perhitungkan biar gue puas menikmati keindahan dan kesegaran udara, jadi terhindar dari segala polusi. Dari area parkir dan warung-warung yang berjajar, gue jalan arah utara menuju sebuah tanah lapang, di mana di tepi area ini mengalir sebuah sungai kecil, lebih tepatnya disebut parit lah ya... Karena musim ujan, lokasinya emang agak lembab dan sedikit becek, jadi gue harus pinter-pinter cari tempat yg gak begitu becek. Lokasi ini luas banget, dikelilingi pegunungan di sebelah barat dan ujung utara. Gak cuma gue yang nge-camp di sini. Ada beberapa tenda dari segerombolan pemuda-pemudi yang datang lebih dulu dan sudah ‘bermukim’ duluan. Setelah tenda berhasil didirikan, segera gue dan temen gue masuk tenda buat berlindung dari gerimis-gerimis nakal yang menyambut kita sore itu hehehehe..


Lokasi parkir, dan warung-warung


Salah satu warung di Ranca Upas
Ngobrol-ngobrol sama salah satu pemilik warung Bu Nining (Mami Upas). Beliau seru orangnya, banyak sharing tentang petualangan


Bumi perkemahan Ranca Upas gak cuma buat camping seru aja guys. Di sini ada beberapa fasilitas yang bisa kalian nikmatin, terutama buat kalian yang pengen  ngadain acara gathering bareng temen-temen atau keluarga. Emang, tempat ini cocok banget buat kalian yang suka banget outdoor activity. Udah ada lokasi khusus outbound di sini, yang biasa di sebut area Tegal Kawani. Gak jauh lokasinya dari tepi danau, lokasi ini menyediakan berbagai fasilitas. Selain itu gak jauh dari lokasi ini juga ada area hot waterboom. Hmmm.. rasakan kenikmatan berendam di air hangat dengan suhu 36°C di sebuah kolam yang udah disediakan di sini. Tentunya ada tarif tambahan kalo kalian pengen mencoba fasilitas-fasilitas tadi ya.













Setelah menikmati malam yang indah di dalam tenda sambil sesekali melihat langit malam, pagi pun menjelang. Gak sia-sia gue milih lokasi buat bangun tenda. Karena dari area tenda gue, bisa lihat view sunrise yang indah yang menyembul dari balik rimbunnya pepohonan tinggi di sebelah timur area camping. Suara kicau burung pagi itu pun makin nambah serunya suasana pagi. Sambil menikmati secangkir teh anget, gue mengabadikan indahnya pagi dengan kamera ponsel. Sesekali terdengar canda tawa mereka-mereka yang juga camping gak jauh dari tenda gue dan juga ikut seru-seruan menyambut pagi. Sesekali desiran angin pagi yang masih dingin melengkapi kedamaian pagi itu. Thank’s God for the beautiful morning!


Detik-detik menjelang sunrise

Yeay!!













menu sarapan 

Tonton videonya, jangan lupa like & subscribe nya ya!



Gak kerasa matahari udah mulai beranjak. Udara yang sesekali masih terasa dingin, menemani gue dan temen gue buat bongkar tenda dan packing, karena siang hari kita harus kembali pulang. Sekitar jam 9 selesai packing dan bongkar tenda, akhirnya gue meninggalkan tempat camping. Tapi gak langsung pulang guys, karena ada satu tempat lagi yang bakal kita kunjungin. Masih di area wisata Kampung Cai Ranca Upas, ada satu lokasi yang seru yakni konservasi atau penangkaran rusa. Adanya penangkaran rusa di kawasan Ranca Upas ini menjadi daya tarik buat wisatawan buat berkunjung dan seru-seruan di sini. Penyanyi cantik Raisa aja syuting video klip di sini lho hehehe. Pasti udah pada tau kan foto Raisa sama saya di akun instagram yang ngehits itu? Eh, maaf maksudnya foto Raisa sama rusa  (-__-). Rusa di sini jinak-jinak guys, kalian cukup ‘mancing’ rusa-rusa itu pake wortel atau kangkung. Di lokasi penangkaran rusa ini disediakan wortel yang bisa kalian beli dengan harga Rp 5000,- per kantong plastik. Wortel-wotel ini yang nanti bisa dipakai buat berinteraksi langsung dengan rusa. Memberi makan rusa pasti bakal menjadi keseruan tersendiri saat kita maen ke Ranca Upas ini. Kalau kalian pengen tau mana rusa jantan dan betina, lihat aja dari tanduknya. Rusa jantan memiliki tanduk di kepalanya, kalo yang betina gak punya. Haha, simple kan? Dan satu lagi nih, jangan lupa kalo selesai ngasih makan rusa, plastik bungkus wortelnya jangan lupa dibuang pada tempatnya ya.. !











Hati-hati terjebak lumpur ya.. hahaha!















Ranca upas adalah lokasi bumi perkemahan yang cocok buat refreshing dengan waktu singkat. Gak nyesel deh kalo bisa camping di tempat seasyik ini. Saat mau pulang pun dalam hati gue rasanya gak pengen pulang. Camping gak harus di gunung kok bro, hehhee... di Ranca Upas Smart Camp Adventure pun gak kalah seru. Karena gak cuma camping, di sini juga banyak fasilitas yang bisa kita nikmati.  

POPULAR POST