Jelajah Sumedang Part 1 (Wisata Gunung Kunci)

Sumedang. Sebuah kota kecil di sebelah timur Bandung. Kota yang terkenal dengan tahu Sumedangnya ini ternyata mulai banyak menarik perhatian wisatawan karena punya beberapa spot wisata menarik. Pada kesempatan kali ini, gue nyoba mengeksplor beberapa tempat wisata yang keren di Sumedang, yakni sebuah bekas benteng Belanda Gunung Kunci dan Curug Gorobog. Tapi sabar ya.. gue bakal share cerita tentang Gunung Kunci.

Selamat Datang

Kalo denger kata gunung, pasti bayangan kita pasti sebuah gunung tinggi yang perlu waktu berjam-jam buat mendaki sampai puncak. Tapi nggak buat Gunung Kunci. Gunung yang dimaksud  di sini hanyalah sebuah bukit, gak jauh dari pusat pemerintahan kota Sumedang. Mostly kawasan Sumedang memang didominasi gunung-gunung. Gunung Kunci yang berlokasi di Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang ini sebenarnya punya nama Gunung Panjunan, tapi karena di pintu masuk ada lambang kunci, akhirnya sering disebut dengan Gunung Kunci. Bukit ini ditumbuhi pohon-pohon pinus dan mahoni yang rapat, jadi gak heran siang hari pun di sini terasa adem dan sedikit redup karena gak banyak cahaya matahari yang masuk karena rindangnya pepohonan. Nah, yang jadi keunikan dan spesial dari bukit ini adalah adanya sebuah benteng pertahanan peninggalan kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1917. Kondisi benteng ini sekarang terlihat masih memiliki daya tarik tersendiri meski terlihat bekas-bekas reruntuhan di beberapa bagian. Di dalamnya terdapat lorong-lorong gelap menambah kesan mistis. Yang paling hits dari lokasi ini adalah adanya sebuah goa, kalo gue sih lebih suka nyebut lorong, yang kondisinya pasti gelap dan lumayan menguji adrenalin buat siapa aja yang nyoba masuk. Di depan lorong ini ada tulisan “Pandjoenan” dan tahun pembuatan benteng, plus lambang dua buah kunci yang menyilang. Pas gue nyoba masuk lorong ini, awalnya sempat ragu karena takut nyasar di dalam hahaha. Tapi pas udah nyoba, dan kebetulan ada beberapa pengunjung yang masuk juga, gue beranikan diri. Ternyata gak sepanjang yang gue bayangkan bro! Hanya sekian detik aja kita udah keluar lagi di area yang berbeda. Bisa masuk dari depan, atau belakang. Kalo loe dateng kesini, ada baiknya nyoba menjelajah ke seluruh penjuru area, alias memutari benteng. Pasti kita bakal kagum melihat sebuah benteng yang kokoh meskipun di atasnya kini banyak tumbuh pohon pinus yang besar. Di sini juga ada sebuah sumur yang sepertinya udah di tutup/ditimbun dan diberi kawat penghalang. Konon sumur ini dulu kala dipakai membuang tawanan yang mati. Hhhhhh..!!!

sumur tua

Mengeksplor pintu-pintu lorong di segala sisi






Ujung lorong/goa

Berani nyoba masuk ?

Jangan kaget kalau merasakan hawa yang pengap dan lembab di ruangan seperti ini



Berkunjung ke wisata Gunung Kunci pasti memberi kesan tersendiri buat siapa aja yang mencoba menjelajah tempat ini. Pada dasarnya lokasi ini adalah sebuah taman hutan raya yang sudah dikelola dengan baik. Jadi jangan heran kalau berkunjung kemari, kita bakal liat kawasan hutan wisata yang begitu bersih dan tertata rapi. Di akhir pekan , banyak pengunjung yang datang untuk menikmati kesejukan udara di bukit ini. Selain untuk rekreasi, ternyata gunung Kunci ini juga dipakai untuk pelatihan kepramukaan oleh beberapa sekolah di sekitar kota Sumedang. Seperti yang gue lihat kemarin saat berkunjung ke sini. Bahkan lorong goa yang tadi gue critain dipakai rute halang rintang oleh adek-adek pramuka hehehe. Dan yang pasti bangunan benteng yang yang memiliki spot-spot unik dan terkesan klasik menjadi sasaran empuk bagi mereka-mereka pecinta fotografi.


Kawasan wisata gunung Kunci ini buka dari pukul 08.00 s/d 17.00 WIB. Dengan Rp 3.000- kita udah bisa puas bermain menjelajah segala penjuru bukit gunung Kunci dengan eksotisme benteng Belandanya. Akses menuju lokasi ini pun terbilang mudah. Dari arah barat (Bandung), setelah mulai masuk kawasan kota Sumedang, tepatnya di Jalan Pangeran Kornel, belok kiri setelah ada bundaran. Gak jauh dari situ kita bakal nemu pintu masuk wisata Gunung Kunci, dengan gapura berlogo dua kunci yang menyilang. Selain itu, fasilitas yang ada di sini juga sudah bagus, seperti panggung khusus  untuk hiburan terbuka, tempat istirahat, arena bermain, arena outbond,jogging track, mushala dan toilet. Buat kalian yang berkunjung ke wisata Gunung Kunci, harap selalu jaga kebersihan ya! Selamat menjelajah!

POPULAR POST