Explore Pacitan: Pantai Siwil

Pacitan punya banyak banget pantai yang bagus dan kece. Secara gitu lho, letak geografis kabupaten yang menjadi tanah kelahiran mantan presiden SBY ini berada di pesisir selatan pulau Jawa. Selain terkenal dengan view-nya yang bagus, pantai selatan di Pacitan ini juga cocok dipakai untuk surfing karena ombaknya yang cukup besar. Jadi gak heran kalau di area pantai Pacitan seringkali kita temui larangan untuk berenang. Dan buat penikmat pantai, pasti udah gak asing lagi dengan beberapa pantai yang nge-hits di Pacitan, di antaranya Pantai Teleng Ria yang berada gak jauh dari pusat kota Pacitan, kemudian pantai Klayar yang terkenal dengan seruling samudera , dan masih banyak lagi. Tapi guys, di Pacitan juga ada pantai yang gak kalah kece daripada pantai yang lain. Karena dari pantai ini kita bisa lihat view pantai dari sisi yang berbeda. Pantai Siwil namanya. Penasaran? Lihat videonya dulu yuk!



Pantai Siwil ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Lokasinya bisa dijangkau lewat Jalur Lintas Selatan (JLS) yang sekarang udah ramai dipakai sebagai jalur penghubung kota Pacitan dengan daerah-daerah lain di sebelah timur. Kalau dari arah kota Pacitan (via JLS), kita mengarah ke timur kurang lebih 30 menit sampai melewati pantai Soge yang terkenal di jalur ini. Pantainya tepat berada di sisi jalan dan kelihatan waaahhh banget. Nah, dari sini, kita lanjut sebentar sampai melewati jalanan lurus yang kanan kirinya banyak perumahan warga. Ini tandanya sebentar lagi sampai di pintu masuk pantai Siwil. Harus tanya-tanya juga karena belum ada petunjuk khusus menuju pantai ini. Dari jalan utama, kita belok menuju jalan kecil beraspal dan hanya muat kira-kira satu mobil. Untuk masuk kesini , kita cuma dikenakan bayar tiket sebesar Rp2.500,-. Murah kan? Tapi sayangnya belum ada lokasi parkir khusus di sini. Jadi kemarin pas gue kesini mau gak mau naruh motor di pinggir jalanan kecil, ujung jalanan aspal menuju area ini. Tapi alhamdulillah aman kok 


Spot pertama yang kalian jumpai saat berkunjung ke pantai Siwil adalah view ‘pantai kecil’ dengan tanaman mangroove-nya. Kenapa kgue sebut pantai kecil? Karena area yang gue maksud adalah pesisir pantai yang ombaknya gak terlalu besar, hampir mirip kaya muara. Gak heran kalo kawasan ini sering dipakai mancing. Tapi kalo air laut lagi pasang, tempat ini pun berubah jadi ‘ganas’ dengan deburan ombaknya. Banyaknya pohon kelapa di sini juga bikin tempat ini teduh dan cocok buat nyantai sejenak. Plus tanaman mangroove yang menghiasi tepi pantai, menambah sensasi tersendiri bagi pecinta fotografi.

Adek gue lagi maen ombak-ombak kecil :D


Santaaaai..

Dari sini, untuk menuju Pantai Siwil yang sebenarnya, kita masih harus tracking alias jalan kaki sekitar kurang dari 1 km. Gak jauh kok. Berjalan lewat jalan setapak melewati atas tebing dengan view pantai di bawah sana, dan melalui ladang penduduk sekitar. Jadi bisa dibilang keindahan Pantai Siwil ini memang ‘agak’tersembunyi hehehe.

Percabangan jalan, ambil kanan


Lewat ladang 




Setelah berjalan kaki sekitar 15 menit, sampai lah kita di depan sebuah pemandangan pantai yang sedikit membingungkan buat sebagian orang. Kenapa? Adek gue pas kesini kemarin awalnya bingung, loh kok pantainya menghadap ke barat? Gak kaya kebanyakan pantai selatan yang viewnya langsung ke laut lepas yang berujung pada garis horison. Nah itu lah dia, menurut gue ini adalah yang spesial dari pantai Siwil. Pantai ini memang terletak di sebuah daratan yang menjorok ke lautan. Jadi lokasinya membuat kita bisa menikmati pemandangan pantai dengan bonus view pegunungan di sebelah barat. Dan pastinya dengan hamparan pasir putihnya, menambah keindahan pesona pantai yang satu ini.

Letak pantai Siwil

Welcome



Sekedar masukan untuk pengelola pantai Siwil, semoga ke depannya bisa dipasang papan petunjuk arah menuju lokasi pantai. Karena ada beberapa percabangan jalan yang kadang membingungkan pengunjung (saya salah satunya hehehe..) Dan pastinya lokasi parkir khusus untuk kendaraan pengunjung, sehingga akan lebih aman dan tertata rapi. Kalau benar-benar dikelola dengan lebih baik lagi, pasti wisata pantai Siwil ini akan makin ramai dikunjungi dan tidak menutup kemungkinan meningkatkan pendapatan warga sekitar.

Selamat berlibur, jangan lupa datang ke wisata Pacitan! 

Eksotisme pantai dengan view gugusan pegunungan di sebelah barat












POPULAR POST