HUTAN KOTA SRENGSENG: Rimba di Tengah Jakarta




Jakarta? Panas. Gerah. Macet.

Mungkin itu kata-kata yang sehari-hari kita jumpai saat berada di pusat kota metropolitan yang penuh polusi ini. Tapi tidak untuk kawasan Srengseng di Jakarta Barat. Salah satu daerah hijau yang dipenuhi tanaman dan pohon-pohon yang menyulap kawasan ini menjadi sebuah 'hutan rimba' di tengah hiruk pikuk kota Jakarta. Taman Hutan Kota Srengseng (HKS), yang terletak di Jalan Haji Kelik RT 8 RW 6 Kelurahan Srengseng, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat ini bisa jadi alternatif liburan bersama keluarga sambil mnenikmati udara yang sejuk dan segar.






Berada di lahan seluas 15 ha, lahan terbuka hijau ini bisa dibilang cukup luas untuk ukuran sebuah hutan kota. Bagian depan ditandai dengan dua buah pintu masuk berupa gapura, mirip seperti gerbang sekolah hehehe. Tiket masuk ke hutan kota Srengseng pun sanngat terjangkau, yakni Rp2000,-. Murah kan? Lokasi parkir di sini pun luas, di mana di sampingnya terdapat beberapa warung penjaja makanan dan minuman. Bagian pertama saat kita sampai di sini adalah sebuah pohon besar yang dikelilingi pagar melingkar. Setelah itu kita akan masuk ke kawasan ‘hutan’ yang penuh dengan pohon-pohon tinggi. Berbagai jenis pohon ada di sini, lengkap dengan label namanya. Yang paling banyak tumbuh di sini adalah pohon mahoni, ketapang, akasia, dan jati. Sehingga taman hutan kota ini gak cuma sebagai tempat rekreasi aja, tapi juga bisa dipakai sebagai sarana edukasi. Masih di bagian depan, gak jauh dari area parkir juga, ada beberapa sarana bermain anak. Jadi gak usah khawatir bagi Anda yang datang kesini membawa anak kecil, pasti bakal seru menikmati sejuknya hutan kota sambil menemani anak bermain di area playground.






Kita masuk lebih dalam lagi yuk, good travellers! Di kawasan hutan kota Srengseng ini, sudah tersedia jalan setapak yang bisa dibilang juga jogging track yang udah dipasang conblock, yang akan menghubungkan kita ke beberapa spot di area hutan kota ini. Salah satunya adalah yang mengarah ke danau yang biasanya ramai pakai mereka-mereka yang hobi mancing. Mancing ikan ya, bukan mancing keributan :D .  Di tengah-tengah danau ini ada sebuah daratan yang mirip sebuah pulau yang juga ditumbuhi pepohonan. Selain memancing, biasanya para pengunjung yang datang menikmati asrinya hutan kota Srengseng di tepi danau sambil sekedar duduk-duduk, jalan-jalan, atau makan bersama kerabat dan keluarga. Seru ya?









Nah, kalau kalian masih bingung lokasi taman hutan kota Srengseng ini di mana, kalian bisa ambil rute melalui Jalan Panjang, Pos Pengumben, Srengseng atau juga Meruya. Karena kemarin gue dari arah Kebon Jeruk, jadi harus lewat Jalan Panjang, tentunya dengan bantuan GPS juga hehehe, setelah nemu petunjuk arah menuju HKS, cari puter balik lurus, lalu ada SPBU di kiri jalan, belok kiri ke Jalan Haji Kelik. Kurang lebih sekilo jalan terus akhirnya nemu gerbang hutan kota Srengseng di kiri jalan.


Fasilitas yang ada di hutan kota Srengseng ini ada toilet dan mushola juga. Meski adanya hanya di depan dekat pintu masuk dan lokasi parkir. Tempat sampah pun sudah tersedia di beberapa titik untuk menjaga kebersihan lingkungan. Selain  sebagai tempat rekreasi, hutan kota Srengseng ini memang didesain sebagai lahan konservasi dan daerah resapan air. Dengan adanya hutan kota ini pun diharapkan mampu  mengurangi kadar karbondioksida dari atmosfer ibukota yang sarat akan polusi udara. Gimana good travellers? Tertarik untuk main ke ‘hutan’ di Jakarta Barat? :D 




POPULAR POST