TAMPERAN : Wisata Pantai & Pelabuhan Perikanan Pacitan

Kurang lengkap rasanya kalo mudik ke kampung halaman di Pacitan gak maen ke pantainya. Selain dikenal dengan julukan kota 1001 goa, Kabupaten Pacitan yang terletak di pesisir selatan pulau Jawa punya banyak banget potensi wisata pantai. Sebut saja yang udah beken di kancah pertelevisian, penginstagraman, dan pe-an pe-an yang lain seperti pantai Klayar yang hits dengan seruling samuderanya, lalu ada pantai Srau, Pantai Banyu Tibo, Pantai Teleng Ria yang ada di teluk Pacitan, gak jauh dari pusat kota, dan pantai lainnya. Tapi seiring berjalannya waktu dan promosi yang gencar akan pariwisata Pacitan, mulai banyak objek wisata pantai yang gak kalah kece daripada pantai-pantai yang udah hits duluan. Buat kalian yang berlibur ke Pacitan, coba deh explore pantai di sebelah timur kota Pacitan. Aksesnya pun relatif mudah, yakni melalui jalur lintas selatan (JLS) Pacitan,  dimana jalur ini juga dibangun untuk sekaligus mempromosikan objek-objek wisata yang ada di sepanjang pesisir selatan, terutama pantai. Sebenarnya ada beberapa spot pantai bagus di Pacitan yang gue jelajahi saat mudik kemarin dan pengen gue share di blog ini. Tapi sabar ya, satu persatu. Dan kita mulai satu spot bagus dan menginspirasi (menginspirasi buat belanja ikan sebenarnya), pelabuhan dan pantai Tamperan a.k.a pantai Pathok Kowang.




Jika kita dari pusat kota mengarah ke barat menuju jalur Pacitan-Wonogiri-Solo, tentunya kita akan melewati jalur menuju Pantai Teleng Ria. Nah, sejenak kita tinggalkan pantai khas Pacitan ini, kita lanjutin perjalanan, gak jauh kok, ke arah pesisir barat teluk Pacitan. Sampai nanti kita nemu plang bertuliskan Pelabuhan Perikanan Pantai Tamperan . Loh, kok ke lokasi pelelangan ikan? Katanya mau ke pantai? KALEM BRAY! Hahaha... jadi gini, pantai tamperan yang gue maksud ini emang lokasinya berdekatan dengan TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Jadi Tamperan ini merupakan pelabuhan, tempat berlabuh perahu-perahu dan kapal nelayan berukuran sedang yang membawa hasil tangkapan mereka. Pastinya hasilnya pun dipasarkan di sini. Pelabuhan Tamperan ini lokasinya berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan. Lokasinya gak jauh dari Pantai Teleng Ria yang dibatasi dengan muara sungai. Pelabuhan yang ada di Teluk Pacitan ini tentunya dibangun untuk meningkatkan produktivitas usaha penangkapan ikan. Berbagai macam hasil laut yang diperjualbelikan di sini adalah ikan tuna, ikan tongkol, udang, cumi-cumi, dan berbagia jenis ikan lainnya. Di sini kita bisa lihat berbagai aktivitas yang dilakukan oleh para nelayan yang sibuk di dek kapal, ada yang repot mikul atau gotong ikan hasil tangkapan yang ukurannya cukup besar seperti yang kemarin gue lihat di sini. Selain itu aktivitas lainnya seperti para pedagang yang berinteraksi dengan para pembeli. Ikan-ikan yang diperjualbelikan di sini lebih segar loh, karena emang hasil tangkapan yang langsung diperjualbelikan, beda ceritanya sama yang di pasar-pasar. Harganya pun bisa lebih miring, asal pinter-pinter nawar aja ya hehehe. Oia, tiket masuk di sini, kemarin gue berdua sama adek naik motor, bayar Rp 1000,- buat parkir dan Rp 500,- untuk karcis per orang. Jadi total bayar Rp 2000,-. Murah kan? Dan sekedar saran aja kalao datang kesini siang hari pas cuaca terik sebaiknya pakai pelindung kepala atau sejenisnya ya, biar gak kebakar kepalanya waahaha...


Sisi barat teluk Pacitan







Baiklah, good travellers! Kita tinggalkan pelabuhan Tamperan. Sekarang kita bergerak ke barat lagi, tapi gak perlu keluar dari area TPI ya, cukup ikuti jalanan kecil beraspal yang muat ukuran satu mobil yang mengarah ke barat. Jalanan ini, meski di beberapa titik aspalnya rusak, akan mengarahkan kita ke salah satu spot atau tempat buat menikmati keindahan view teluk Pacitan. Tempat ini lah yag disebut ‘Pathok Kowang’. Di sini kita bisa lihat sebuah mercusuar yang berdiri kokoh berwarna merah seakan menjadi tambahan properti untuk hunting foto di sini. Di bawah sana kita bisa lihat deburan ombak yang cukup besar. Pathok Kowang atau Pantai Tamperan ini menghadap ke arah timur sehingga lokasi ini cocok buat hunting view sunrise. Di sebelah timur sana nampak jajaran pegunungan yang mengelilingi Pacitan, salah satu yang terkenal adalah gugusan Gunung Limo. Gerak gerik kapal dan perahu-perahu nelayan di pelabuhan Tamperan pun terlihat dari sini. Gak jarang kapal tongkang pun ikut berlabuh di teluk Pacitan ini. 









Kalau kita mau meng-explore lebih dekat lagi ke bawah, kita bisa turun melewati jalan setapak untuk bisa sampai di tepi pantai yang dipenuhi bebatuan, di bawah tebing batu dimana lokasi kita melihat view teluk Pacitan di Pathok Kowang ini. Hati-hati ya kalau main ke sini, jangan sampai terpeleset dan jatuh. Tetap jaga keselamatan, terutama buat yang hobi berswafoto/selfie di tempat-tempat ekstrim. Untuk bisa ke Pantai Tamperan atau Pathok Kowang ini kita tidak dikenakan biaya masuk atau parkir. Karena udah masuk lewat pintu masuk pelabuhan tadi. Untuk fasilitas, di sini tidak ada fasilitas seperti toilet atau lainnya, karena memang lokasi ini hanya berada di atas sebuah tebing batu tepi pantai. Tapi at least kalo boleh usul sih mending di sediakan tempat sampah biar yang maen ke sini bawa sampah buangnya gak sembarangan dan akhirnya malah ngotor-ngotorin kawasan ini. Jangan ya! Tetap jaga kebersihan dan selalu be a responsible travellers!

Tonton vlog nya di sini ya:


(Jangan lupa like and subscribe)


POPULAR POST