WANA WISATA CAGAK TELU : Hunting Foto dengan Latar Pantai dan PLTU

Pulang kampung memberi hikmah buat gue, salah satunya adalah untuk punya waktu lebih buat jalan-jalan hehehe. Lebaran 2017 kemarin, kebetulan punya waktu seminggu di rumah, dan bisa explore sana-sini, terutama tempat-tempat yang selama ini deket sama rumah tapi gak sempat gue ‘jamah’ karena keterbatasan waktu atau emang gak sempat gue share di blog kayak gini.


View sunrise dari Cagak Telu


Well, kali ini gue pengen cerita tentang satu spot foto-foto yang kece di Pacitan , tepatnya di dekat kampung halaman gue di Kecamatan Sudimoro, namanya Cagak Telu. Dalam bahasa Jawa, ‘cagak’ berarti tiang, dan ‘telu’ berarti tiga. So, di sini ada 3 tiang listrik di atas sebuah bukit di mana di bawahnya kita bisa temukan view pantai selatan atau teluk yang juga merupakan area PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Sudimoro, Pacitan. Bukit ini sebenarnya udah lama jadi spot foto-foto, mengingat jaman sekarang asal ada tempat kece dikit aja, pasti langsung viral dan hits. Sejak dibangunnya PLTU tahun 2007 silam dan diresmikan tahun 2013, lokasi ini makin marak dijadikan lokasi hunting foto, atau sekedar menikmati suasana bersama teman, keluarga, atau bagi mereka yang... pacaran. Gak cuma itu pastinya, pembangunan PLTU dan banyaknya warga sekitar yang datang ke bukit cagak telu pun membuat banyak didirikan warung-warung atau kios yang menjajakan aneka makanan dan minuman. Ditambah gak jauh dari lokasi ini berdiri sebuah sekolah tingkat menengah yakni SMK Sudimoro. Lokasi ini akan ramai pengunjung pada pagi hari, terlebih pada saat sore hari. Berkunjung ke sini pun belum dikenakan biaya masuk atau parkir. Meski belum dikelola, tempat ini sudah tersedia beberapa tempat duduk dari kayu yang bisa digunakan untuk duduk-duduk sambil menikmati pemandangan di bawah sana. Jika kita kesini pada saat pagi-pagi, kita bisa lihat landscape pegunungan di sebelah timur dengan hiasan sinar matahari terbit jika cuaca sedang cerah. Sementara di bawah sana terlihat Samudera Hindia yang membiru dengan teluk kecil yang menjadi lokasi PLTU dengan segala aktivitasnya yeng terlihat dari kejauhan. Dari Cagak Telu juga kita bisa melihat lokasi Pantai Ndaki yang juga gak kalah menarik (artikelnya menyusul ya..).


PLTU Sudimoro, dengan latar Pantai Ndaki di ujung sana



Tahun berganti tahun. Saat gue dateng ke Cagak Telu kemarin, ada yang beda dari sebelum-sebelumnya. Kios-kios yang biasanya berjajar dekat pintu masuk, kini udah bergeser lebih ke dalam dan nampak lebih rapi. Di bagian depan pun kini udah ada gapura dengan tulisan “Wana Wisata Cagak Telu Sukorejo”, lengkap dengan loket kecil yang masih kosong dan belum terpakai. Ada kabar bahwa lokasi ini memang akan dijadikan lokasi wisata yang dikelola secara khusus, dan pastinya dengan regulasi-regulasi yang diatur sedemikian rupa layaknya sebuah lokasi wisata pada umumnya. Ada juga yang menyebut lokasi ini akan dijadikan penangkaran satwa, salah satu kabarnya adalah rusa.



Gapura pintu masuk yang sudah dipersiapkan


Benar atau tidaknya, tentunya akan menjadi harapan warga sekitar khususnya yang bisa mandapatkan imbas positif salah satunya dari segi perekonomian, dan juga untuk mereka yang membutuhkan destinasi wisata alternatif pada umumnya. Jika nanti ter-realisasi, sudah pasti akan mengangkat pariwisata di daerah Pacitan, terutama di wilayah Kecamatan Sudimoro, yang notabene adalah kecamatan paling timur dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Trenggalek. Kita harapkan adanya pembangunan di area wisata Cagak Telu ini, terutama untuk sarana dan fasilitas yang kini dirasa masih kurang, di antaranya adalah tempat sampah dan toilet, mengingat di lokasi ini masih banyak sampah-sampah plastik yang terbuang semabarangan dan kurang asik dipandang. Jadi buat kalian yang mungkin lagi jalan-jalan ke Pacitan, gak ada salahnya buat mampir lokasi ini meski hanya sekedar foto-foto, dan mungkin nanti bisa berkunjung saat lokasi wana wisata ini sudah direalisasikan. Semoga aja ya, secepatnya. 






POPULAR POST